Cara Menyusun RKAS dengan Mudah dan Cepat

Cara Menyusun RKAS dengan Mudah dan Cepat - Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah atau biasa disingkat RKAS adalah sebuah dokumen yang memuat tentang rincian program dan kegiatan sekolah lengkap dengan rincian anggaran selama satu tahun anggaran. Dalam proses penyusunan anggaran kegiatan sekolah ini biasanya dilakukan oleh pihak sekolah bersama komite sekolah sebagai perwakilan orang tua peserta didik.

Pada aplikasi sipBOS ini kegiatan penyusunan dan penginputan RKAS ini sangat mudah untuk dilakukan, karena desain form penginputan yang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh user, sehingga proses menginput RKAS ini akan terasa sangat mudah dan menyenangkan. 


Langkah-Langkah Penyusunan  RKAS di sipBOS

Adapun cara untuk menginput rencana kegiatan anggaran sekolah menggunakan aplikasi sipBOS ini gampang dikerjakan. Pada Menu Utama klik dua kali pada Menu RKAS, akan muncul Form RKAS seperti gambar di bawah ini.


http://portaldanabos.com


Pada Form RKAS di atas dipisah menjadi empat tab yaitu Tab Program, Tab Sub Program, Tab Kegiatan serta  Tab Rincian  sehingga akan lebih memudahkan user untuk menyusun program, sub program dan kegiatan beserta rinciannya. 

Untuk memulai menginput Nama Program klik tombol Tambah pada Tab Program, selanjutnya pilih ID Program di combobox pilihan.  Nama-nama program ini sebetulnya hanya dipilih saja. User tidak perlu mengetikkan nama programnya karena sudah otomatis oleh aplikasi sipBOS ini. Klik tombol Simpan, untuk menyimpan data. Gunakan tombol lainnya jika ingin menghapus, merubah data.

Untuk menginput Sub Program caranya adalah klik dulu Nama Program pada Datasheet kemudian klik Tab Sub Program. lanjutkan dengan memilih Nama Sub Program. Klik tombol Tambah lalu klik tombol Simpan untuk menyimpan data. Begitu juga seterusnya untuk menginput Kegiatan serta Rincian.


Cara Menginput Rincian RKAS

Sedangkan untuk menginput Rincian RKAS dilakukan di Tab Rincian. Adapun item-item yang diinput pada Rincian adalah : 
  • Jenis Belanja
  • Kode Rekening Belanja
  • Uraian Belanja 
  • Jumlah Belanja 
  • Termin Anggaran (rencana penggunaan dana)
Untuk setiap kegiatan bisa terdiri dari beberapa atau banyak macam rincian belanja, seperti yang nampak pada Form di bawah ini. Rincian belanja tersebut diinput satu persatu. Pada bagian Termin Anggaran sesuaikan dengan rencana penggunaan tiap jenis anggaran dalam setahun. Jika rincian sudah diinput, klik tombol tombol Update Jumlah agar jumlah belanja secara otomatis dikalkulasi. 


http://portaldanabos.com


Jika proses penginputan RKAS sudah selesai dilakukan, silahkan klik tombol Cetak untuk melihat hasil print atau cetakan. Preview cetak akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini. Cara menyusun rkas ini cukup mudah dan menyenangkan bukan ?  :)


http://portaldanabos.com

Posting Data RKAS 

Setelah data-data Rencana Kegiatan dan Anggaaran Sekolah (RKAS) sudah selesai diinput kedalam sistem sipBOS, maka langkah berikutnya adalah melakukan Posting Data. Posting data ini bertujuan agar data-data RKAS yang sudah dibuat bisa dilakukan perubahan atau penghapusan oleh User tanpa isin dari Admin, sehingga data-data tersebut tetap valid.

Selain itu sebelum User membuat spj danabos, RKAS ini dalam keadaan sudah harus terposting, Jika belum dilakukan posting data, maka secara otomatis spj tidak bisa dibuat. Cara melakukan Posting dan Unposting Data (Buka Posting) RKAS ini dilakukan di Menu Parameter. Berikut Form Posting/Unposting Data.





Demikian petunjuk tentang cara menyusun RKAS secara mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi sipBOS. Semoga mudah dipahami.

Silahkan lanjut ke artikel panduan selanjutnya di : Cara Mengisi Laporan Buku Bank Formulir K5








Belum ada Komentar untuk "Cara Menyusun RKAS dengan Mudah dan Cepat "

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel